Rabu, 17 Oktober 2012

CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG BAIK DAN BENAR


            Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat artikel yang baik dan benar. Saya akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membuat artikel. Kemudian ada beberapa tips yang akan saya berikan untuk membuat sebuah artikel yang baik dan benar. Dan perlu diketahui artikel yang saya buat ini memiliki beberapa sumber, atau bisa dibilang bukan buatan  saya sendiri, melainkan buatan orang lain yang sedikit saya tambahkan.


CARA MEMBUAT ARTIKEL YANG BAIK DAN BENAR
A. Memilih Judul Artikel
Tahap pertama adalah menentukan judul artikel. Pastikan judul ini mengandung kata kunci yang terpenting di dalam artikel. Panjang judul artikel sebaiknya sekitar 5-7 kata saja, karena semakin panjang akan semakin berkurang kerapatan kata kunci di dalamnya. Kalau mau membuat judul artikel heboh sebaiknya jangan sampai mengorbankan kata kunci di dalamnya. Sebagai contoh, jika judul artikelnya "Harga Ipad 3 Turun Lagi" cukup diubah menjadi "Astaga! Harga Ipad 3 Turun Lagi"

B. Memilih URL Artikel
Jika judul artikel yang dipilih cukup panjang, maka bisa jadi tidak dimuat semua di URL artikel. Bagi pengguna blog berplatform blogger.com bisa mengubah URL dengan cara berikut. Lihat di bagian kanan dari tempat mengetik artikel anda. Di situ ada satu menu bernama Tautan permanen, lalu klik menu tersebut.

Anda cukup mengetikkan bagian terakhir dari URL. Sebagai contoh, jika URL yang saya inginkan adalah http://trikmudahseo.blogspot.com/2012/08/bagaimana-cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo.html, maka yang saya ketikkan adalah bagaimana-cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo (jangan lupa tanda hubung - diikutkan dalam url). Dengan begini URL akan menjadi lebih SEO friendly.

C. Gunakan Label Di Setiap Artikel
Sebaiknya menggunakan label untuk artikel-artikel saudara. Pilih label yang paling tepat untuk mendiskripsikan artikel yang dibuat. Untuk memasukkan label klik Menu Label di bagian kanan kolom mengetik artikel. Jika memakai lebih dari satu label pisahkan dengan koma. Jika blog anda bertema campuran dan tidak fokus pada satu topik, maka sebaiknya pasang gadget label pada sidebar untuk membantu aliran pagerank ke halaman-halaman artikel blog anda.

D. Pastikan Memasang Meta Deskripsi
Meta deskripsi ini yang akan ditampilkan pada snippet hasil pencarian Google, jadi pastikan meta deskripsi ini juga menggunakan kata kunci yang ada di artikel anda. Panjang meta deskripsi itu tidak perlu terlalu panjang, 150 karakter itu sudah memadai. Tapi untuk mengaktifkan fitur input meta deskripsi di pembuatan artikel 

E. Membuat Artikel Yang Teroptimisasi
Artikel yang saudara buat sebaiknya mengikuti beberapa aturan berikut ini:
  • Panjang artikel minimal 500 kata
  • Setiap kata kunci setidaknya diulangi 3 kali di dalam artikel, (harus menjaga kepadatan sekitar 3-6% itu hanya isu)
  • Kata kunci yang muncul pertama kali harus di bold atau italic
  • Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang
  • Jika bisa, buat lagi satu frasa dengan kata kunci di dalam artikel dan beri tag Heading H2 atau H3.
F.  Memasang Gambar Di Dalam Artikel
Pastikan gambar yang anda pasang mengandung Alt tag. Alt tag ini bertugas memberitahu Google tentang isi gambar, karena Googlebot belum bisa mengenali gambar. Kalau bisaukuran file gambar jangan terlalu besar, karena bisa mempengaruhi waktu loading halaman. Bagi pemakai blogspot, gambar sebaiknya diupload saat menulis artikel, dan jangan dihosting di image hosting yang lain. Karena kadang hosting lain tidak bisa mengimbangi kecepatan loading gambar dari blogspot pada jam-jam sibuk.

G.Memasang Link Di Dalam Artikel
Jika anda benar-benar perlu memasang link di dalam artikel, maka ikuti beberapa aturan berikut:
  • Pastikan semua link terbuka di tab baru
  • Bedakan link yang keluar dan link yang menuju halaman blog anda sendiri. Untuk link yang keluar pastikan menggunakan rel="nofollow", sedangkan yang menuju artikel sendiri tidak perlu nofollow.
  • Usahakan dalam artikel anda setidaknya ada dua link menuju artikel lain di blog anda jika memang ada kaitannya.
H.                        Tips Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Benar
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menulis artikel yang baik dan benar. Dalam menulis artikel atau kontent di suatu web sangat penting sekali. karena kontent adalah "raja" dan merupakan "nyawa" dari web itu sendiri. Jadi dalam menulis artikel Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. No Plagiat
Usahakan Anda tidak menyalin artikel dari web lain (copy-paste) dari situs lain, akan berakibat mengurangi kredibilitas web Anda dimata pengunjung. Tulislah artikel yang original jauh lebih dihargai oleh pengunjung.

2. Selalu konsisten
Dalam menulis artikel usahakan sesuai dengan topik yang Anda tuju dan selalu konsisten. Apabila web Anda membahas tentang komputer ya diusahakan artikelnya berisi tentang artikel jangan yang lain misalnya tentang cara membuat bakso, cara memasak mie yang baik. Itu kan tidak ada hubungannya dengan komputer betul nggak... :). Dengan menulis artikel secara konsisten akan menambah kecepatan dalam pemunculan keyword yang Anda pilih.

3. Buat judul/ headlines artikel yang menarik
Judul yang menarik akan membuat pengunjung selalu datang ke web Anda dan akan memudahkan mereka mengingat web Anda.

4. Pemilihan keyword yang tepat
keyword yang tepat sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan jumlah pengunjung ke web Anda. Gunakan efek tebal, miring atau garis bawah pada keyword, jangan gunakan semua, cukup satu saja, berguna untuk membantu mesin pencari dalam mengindek konten Anda. Untuk cara mencari keyword bisa dilihat di pentingnya niche keyword.

5. Saling terhubung
Usahakan ketika menulis suatu artikel harus saling berhubungan antara artikel yang satu dengan artikel yang lain, sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di web Anda. Bentuklah artikel web menjadi angka 8 yang terus terhubung antar artikel.

            Demikian langkah-langkah dan tips cara membuat artikel yang baik yang dapat saya tampilkan. Semoga artikel saya kali ini bias berguna bagi para pembacanya. Dan seperti yang telah saya sampaikan di awal bahwa artikel yang saya buat ini memiliki beberapa sumber, maka saya akan cantumkan URLnya.

Sumber:





7 komentar:

  1. Terimakasih untuk informasinya, saya newbie. Merasa sangat terbantu dengan adanya postingan ini

    BalasHapus
  2. thx buat infonya gan, pasti bermanfaat buat banyak orang.

    jangan lupa mampir ke forum ane ya gan www.asikbookie.com , share artikel agan di forum ane :) thx agan

    BalasHapus
  3. terimakasih artikelnya sangat membantu :)
    http://bit.ly/1EH4txW

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali, terimakasih :)
    http://goo.gl/G23SVs

    BalasHapus
  5. Makasih infonya gan, saya juga ingin berbagi informasi nih gan. Cara membuat konten yang bagus tentunya menarik
    https://dewanstudiomediadigital.wordpress.com/2015/06/05/content-are-everything/

    BalasHapus
  6. Situs poker online | Domino QQ | Qiu Qiu terbaru indonesia
    IonQQ hadir dengan permainan poker online dan domino terpercaya 2016

    Join sekarang dan nikmati bonus yang seru secara cuma-cuma.

    - Bonus refferal 20 % seumur hidup

    - Bonus rollingan 0,3%

    Cuma di ionqq.com buruan gabung, mumpung lagi promo broo!!!

    ionQQ.com

    Situs poker dan domino terbaik di indonesia
    dewapoker |
    poker online |
    pokerclub88 |
    Domino QQ |
    domino qiu qiu |


    Info situs seo poker online indonesia

    BalasHapus